Laporan : Roni Mulyana
Bandung-[KPJabar] : Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Digital Public Relations Telkom University mengadakan sebuah pelatihan dan pendampingan intensif kepada pelaku UMKM dibawah binaan Desa Berdaya Foundation.
Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan masyarakat selama enam bulan penuh dengan total terdapat 10 materi pelatihan dan praktik secara langsung.
Choiria Anggraini Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Digital PR Tel-U mengatakan Peserta dalam pelatihan ini memiliki produk yang beragam mulai dari gula aren kemasan, frozen food, kain, tas, sampai dengan kopi. lalu Semua materi yang diberikan btujuannya untuk meningkatkan skill para pelaku UMKM agar dapat memasarkan produk melaui berbagi platform digital.
“Harapanya kedepan kami dapat terus berkontribusi bagi masyarakat dengan melakukan berbagai pelatihan secara intensif dan mendampingi para pelaku UMKM khususnya dimasa adaptasi pandemik ini. Dalam pelatihan ini kami menghadirkan pakar dan praktisi dibidangnya”. Ucap Choiria Kepada kantor kabarpublik.Id, Kamis (10/12/20)
Hadi Purnama, Dosen dari Digital PR Tel-U dan juga salah satu pemateri ahli dalam kegiatan pelatihan menerangkan ada sepuluh materi dalam pelatihan ini yang disampaikan melauli Whatsapp group. Platfor ini dipilih atas permintaan peserta agar lebih mudah berkoordinasi dan berkonsultasi untuk setiap praktik pada tiap sesinya.
“Seluruh materi ini kami rancang berdasarkan kebutuhan pelaku UMKM untuk dapat beradaptasi dan berkomunikasi secara digital, yang tentu harapanya agar berimplikasi langsung pada proses bisnis mereka. Sehingga setidaknya 10 poin itu harus dikuasi dengan cukup baik”, katanya, Kamis (09/12/20)
Sepuluh materi tersebut seperti: (1) Pengelolaan Konten Media Sosial; (2) Coppy writing produk; (3) Mengembangkan konten bisnis di akun Instagram; (4) Instagram for busniness; (5) Optimalisasi profit melalui Instagram; (6) Ada sekitar dua puluh UMKM yang mengikuti; (7) Menentukan segmenting, targeting, dan positioning produk; (8) Infografis dan Video for product; (9) Tips dan trick beriklan digital; (10) Bisnis melalui market place.
Dalam kesempatamn yang sama Senior Manager Desa Berdaya Foundation, Cecep Lubis menyambut antusias pelatihan bagai para pelaku UMKM ini, dan menerangkan pelatihan berjalan selama enam bulan , harapnya pelatihan bisa meningkatkan kompetensi para UMKM.
“Semoga kedepan, dapat terus ada pelatihan yang serupa, ini sinergi yang dapat yang dapat mempercepat proses peningkatan kompetensi para pelaku UMKM dengan dunia digital”, tuturnya. (RM)